Apresiasi Program Polisi RW, IPW: Solusi Kehadiran Polri sebagai Pelindung, Pelayan dan Pengayom Masyarakat

Nasional501 Views

Jakarta – Ketua Indonesian Police Watch (IPW) Sugeng Teguh Santoso menilai program Polisi RW bisa jadi solusi agar kehadiran polisi sebagai pelindung, pelayan, dan pengayom masyarakat terlaksana dengan baik.

Menurutnya, rasio ideal untuk menjalankan tugas dan fungsi tersebut yaitu 1:400. Artinya, ada satu personel untuk tiap 400 warga. Namun, kata dia, rasio saat ini yaitu 1:1.300.

“Dengan rasio sekarang 1:1.300, maka linyanyom belum dapat dicover dengan baik,” kata Sugeng.

Namun, Sugeng menegaskan konsep Polisi RW akan berimplikasi pada tambahan anggaran kepolisian. Sebab, dibutuhkan lebih banyak personel serta peningkatan profesionalisme.

“Konsep ini membutuhkan penambahan personel yang berimplikasi pada anggaran dan juga peningkatan profesionalisme, agar keberadaan polisi di tengah masyarakat efektif dan diterima masyarakat,” katanya.

Ia berpendapat wacana ini bisa direalisasikan secara bertahap, sehingga penambahan personel dan anggaran Polri juga dilakukan bertahap. Namun, kata Sugeng, apakah personel yang ada saat ini mau dibebani dengan kerja tambahan.

“Bisa diakali dengan personel yang ada, tanpa penambahan personel, tetapi beban kerja makin berat. Nah, apakah akan rela anggota Polri tambah beban kerja? Kemudian secara bertahap ada penambahan personel dan tambahan anggaran,” ucap dia.